Ini Dia Makanan dengan Kalori Rendah yang Tepat untuk Diet dan Kesehatan

Sedang mencoba untuk diet, Untuk Anda yang saat ini sedang menjalankan proses diet mungkin banyak yang tidak bisa menolak ataupun senang memakan makanan kecil seperti camilan di saat malam hari, terlebih bila sedang duduk di depan televisi serta asyik menonton acara kesukaan. Sebenarnya makanan kecil yang setiap hari Anda konsumsi tidak perlu Anda khawatirkan karena kesehatan, apalagi untuk Anda yang sedang berdiet. Makanan camilan justru amat baik untuk kesehatan. Bagaimana bisa baik? Asalkan yang Anda makan bukan makanan yang banyak mengandung lemak. Berikut berbagai makanan yang memiliki kalori sangat rendah sehingga baik untuk Anda yang sedang mencoba diet.

Diet dan Kesehatan
Diet dan Kesehatan 
Kacang almond

Seperti berbagai macam sifat dari kacang-kacang yang lain, kacang almond ini memberi efek yang begitu mengenyangkan serta memberi nutrisi yang begitu banyak untuk tubuh tetapi ia tetap rendah kalori. Bila Anda mengkonsumsi kacang almond hingga 15 butir, ini hanya menghasilkan 100 kalori saja. 100 kalori akan setara dengan sebuah apel.

Apel
Siapa yang tidak kenal dengan buah ini. Apel merupakan buah yang begitu di sukai oleh banyak orang karena ia mempunyai rasa manis serta segar. Perlu Anda ketahui bila apel juga memiliki kalori yang sangat rendah. Selain menyehatkan, buah ini juga cocok untuk diet praktis Anda. Bayangkan saja, di dalam sebuah apel terdapat 100 kalori, padahal di dalam buahnya mengandung banyak sekali kandungan antioksidan dan serat yang akan melindungi tubuh Anda dari kolesterol jahat dan polusi.

Anggur

Buah yang memiliki rasa manis dan sedikit masam ini bila Ada jadikan camilan bisa memberi efek yang sangat mengenyangkan. Kalori yang berada di dalam buah anggur begitu rendah, contohnya bila Anda mengonsumsi buah anggur sebanyak 30 buah, kandungan kalori yang akan masuk di dalam tubuh hanya sekitar 100 kalori, selain sangat bagus sebagai camilan, buah anggur juga memiliki khasiat mengatasi anemia hingga mengurangi resiko asam urat.

Kacang kulit

Apakah Anda senang mengonsumsi kacang kulit? Jika ia, Anda boleh terus menerus mengonsumsi kacang ini, apalagi bila Anda sedang menjalankan pola diet. Bila Anda mengonsumsi kacang kulit hingga 25 butir, kalori yang akan masuk ke dalam tubuh Anda hanya sekitar 80 kalori saja. Kacang kulit memiliki jumlah glokemik yang sangat rendah, sehingga ia mampu memberi rasa kenyang di perut.

Tomat

Siapa yang tidak mengenal buah yang kaya dengan vitamin ini. Jika Anda ingin menjalankan pola diet tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, tomat bisa menjadi solusi untuk Anda. Dalam sebuah tomat, memiliki kandungan 74 kalori. Buah yang sangat kaya antioksidan ini ampuh untuk menangkal radikal bebas yang berada di dalam tubuh.

Pear

Buah yang mirip dengan apel ini ternyata juga memiliki manfaat yang sama untuk pola diet. Kandungan dari pear hampir sama dengan apel. Hanya sekitar 100 kalori. Namun pear ini juga sangat mengenyangkan karena ia juga kaya akan serat. Jadi, jika Anda ingin diet sehat, Anda bisa menggunakan pear ini sebagai tambahan cemilan.

Oat

Sudah pernah menambahkan oat di menu sarapan? Bila sudah, tidak ada salahnya Anda terus melakukannya. Oat ini bisa Anda sulap menjadi camilan di malam hari. Hanya perlu menambahkan potongan kismis atau mentega agar terasa lebih enak. Sepotong oat memiliki kandungan 100 kalori. Oat ini sangat minim kalori namun baik untuk pencernaan.

Related Posts:

INILAH ARTI KEDUTAN MATA YANG SEBENARNYA MENURUT PAKAR KESEHATAN

INILAH ARTI KEDUTAN MATA YANG SEBENARNYA MENURUT PAKAR KESEHATAN 
Tak jarang orang yang mengalami kedutan mata berkali kali dalam sehari. Kedutan mata atau mata berkedut biasanya terjadi pada kelopak mata bagian atas. Bagian kelopak mata ini seakan akan bergerak sendiri tanpa terkontrol. Ada banyak mitos dan fakta yang menghiasi seputar kedutan mata. Tak jarang juga banyak orang yang menghubungkan hal ini dengan mitos mitos gaib yang belum pasti akan kebenarannya. Sebenarnya, mata berkedut menandakan bahwa tubuh mengalami gangguan kesehatan, terutama pada daerah mata dan sekitarnya.

Mitos seputar kedutan mata juga sudah menjadi hal yang lumrah bagi sebagian masyarakat, entah mitos itu benar atau tidak, percaya atau tidak percaya. Menurut mitos, kedutan mata kiri dan kedutan mata kanan mempunyai arti yang berbeda, seperti akan bersedih, bertemu orang yang spesial, mendapat rizki yang tidak disangka sangka, dan sebagainya. Bagi anda yang kurang percaya dengan mitos mitos semacam ini, mungkin penjelasan secara medis lebih bisa diterima.


ARTI KEDUTAN MATA SECARA MEDIS


Istilah kedutan dalam medis biasa disebut dengan Blepharospasm (Beb),  kedutan ini terjadi karena kontraksi otot yang tidak terkontrol sehingga menyebabkan kontraksi diarea mata dan sekitarnya. Apabila kontraksi tersebut berlangsung lama dan tanpa henti, hal tersebut bisa menandakan bahwa saraf sedang terganggu / gejala gangguan saraf.

Dan apabila kedutan mata terjadi sesekali atau beberapa kali dalam sehari itu menandakan tubuh lelah, stress, atau kurang fit. Bisa juga ini terjadi karena mata lelah dan kurang istirihat yang disebabkan oleh melihat obyek dalam jarak dekat, waktu yang lama, dan tempat yang sama. Misalnya terlalu lama melihat layar monitor komputer / gadget, membaca buku, atau bermain video game dalam jangka waktu yang lama.

INILAH ARTI KEDUTAN MATA YANG SEBENARNYA MENURUT PAKAR KESEHATAN

Sudah banyak ahli kesehatan / medis, dan ahli mata yang mengemukakan fakta dibalik "reaksi" tubuh yang satu ini, seperti Dr. Karen Wolfe dan Dr. OZ Indonesia. Berikut beberapa kutipan tentang kedutanmata menurut pakar kesehatan yang telah berhasil dirangkum oleh berbagiinformasi.com :

KEDUTAN MATA MENURUT DR. KAREN WOLFE

Dr Karen Wolfe, adalah seorang  Dokter dan juga penulis buku yang berjudul ‘Create The Body Your Soul Desires’, dalam bukunya ia menuliskan banyak informasi kesehatan salah satu nya tentang mata, menurutnya mata kedutan bisa menjadi salah satu pertanda tubuh seseorang sedang mengalami gejala gangguan yang ringan. Dan 99% kedutan yang terjadi pada mata dikarenakan tubuh sedang didera stres atau juga kelelahan. Cara yang paling ampuh untuk mengatasi kedutan ini ialah dengan membiarkan tubuh dan mata beristirahat. Sebelum kedutan mata ini menjadi parah, sebaiknya mulai mengurangi tingkat stres, mengurangi konsumsi kopi, dan tidur selama 7 jam sehari.


KEDUTAN MATA MENURUT BURT DUBOW


Burt Dubow, OD, FAAO, adalah seorang pakar kesehatan mata dari Contact Lens & Cornea Section of the American Optometric Association, kedutan mata bukanlah suatu masalah medis yang serius. Kedutan terjadi karena kontraksi pada otot orbicularis oculi. Kedutan mata ini terjadi karena serabut saraf pada otak terjadi kontraksi sesaat. Denyutan pembuluh darah tiba-tiba seperti mengalami rangsangan (kontraksi) yang membangkitkan aliran listrik melalui nervus facialis yang membuat mata kejang sesaat. Kedutan bisa saja berbahaya apabila terjadi terus menerus dan dalam jangka yang lama.


KEDUTAN MATA MENURUT DR. OZ INDONESIA


Penyebab mata kedutan ialah pergerakan sel saraf yang tak terkontrol. Banyak yang menyebabkan timbulnya kedutan, seperti kafein, alkohol, penggunaan gadget yang berlebihan, dll.  Jika mata kedutan dalam waktu yang lama atau selama beberapa minggun, bisa jadi ini adalah gejala gangguan saraf. Walaupun masalah seperti ini jarang ditemui tetapi istirahat yang cukup merupakan cara efektif mengatasi kedutan mata.


KEDUTAN MATA MENURUT DR. DONY ISTIANTORO


Dr.Donny Istiantoro, Sp.M, adalah dokter spesialis mata di Eye Center Jakarta, beliau mengemukakan : Anda tidak perlu khawatir dengan kedutan mata, karena akan sembuh sendiri. Ini merupakan gangguan saraf motorik ketujuh, terlalu kelelahan adalah penyebab utamanya. Anda bisa menambah konsumsi Vitamin E atau multivitamin untuk penambah darah. apabila keadaanya semakin parah sampai sampai mengganggu aktifitas, anda bisa melakukan suntik Botox kepada ahlinya. Atau berkonsultasi dengan ahli mata.


PENYEBAB MATA BERKEDUT

Penyebab mata bekedut paling banyak tak lain datang dari kebiasaan kita sendiri dan mengabaikan kesehatan maupun jam istirahat. Daya tahan tubuh seseorang berbeda beda bisa kuat bisa juga sangat lemah, dari hal yang terkecilpun bisa menjadi masalah kesehatan yang serius, seperti masalah kedutan pada mata. Beberapa hal yang paling utama penyebat kedutan adalah stress, kelelahan, nutrisi yang tak seimbang, kafein, alkohol, rokok, penggunaan gadget, alergi, sindrom pandangan komputer, tiroid, mata kejang, kurang tidur, kelelahan, mata kaku, dan kurang nutrisi. Seperti yang telah dituturkan oleh banyak ahli kesehatan, bahwa kedutan mata bisa diatasi dengan istirhat yang cukup. 

Related Posts:

7 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh Anda

7 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh Anda ( Jambu Biji )merupakan salah jenis buah-buahan yang sudah kita kenal dari berbagai jenis buah-buahan yang ada. Secara fisik, jambu biji sangat mudah dikenali seperti kulit buah yang bewarna hijau, memiliki daging buah yang bewarna putih atau merah serta memiliki banyak biji dalam daging buahnya. Meskipun jambu biji menyimpan berbagai manfaat menakjubkan, tapi nyatanya belum banyak yang mengetahuinya. Lalu, apa saja manfaat menakjubkan jambu biji bagi kesehatan tubuh tersebut..

7 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh Anda
Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh Anda
Sahabat, tips kesehatan. Sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terdapat pada buah-buahan yang kita konsumsi setiap harinya khususnya vitamin, sumber serat, protein serta mineral. Salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk mulai dikonsumsi setiap hari adalah jambu biji. Ini dikarenakan, jambu biji merupakan salah satu buah yang kaya nutrisi  dan mudah ditemukan serta mudah tumbuh di alam Indonesia. Setelah membaca artikel ini, diharapkan anda  mulai melirik jambu biji. Berikut ini 7 manfaat menakjubkan jambu biji bagi kesehatan tubuh anda : 
  1. Nutrisi Mata. Jambu biji ternyata mengandung sumber utama vitamin A. Vitamin A membantu menutrisi organ mata yang akan menyehatkan mata serta membantu memperlambat munculnya gangguan kesehatan pada mata seperti katarak serta degenerasi makula atau penurunan penglihatan ketika usia bertambah.
  2. Pencegah Kanker. Jambu biji memiliki sumber antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Sumber antioksidan yang dimaksud yaitu likopen yang mana memiliki fungsi mengurangi resiko terkena kanker prostat, kanker payudara serta kanker mulut. Ini dikarenakan, jambu biji dapat menghambat pertumbuahan serta metastasis sel kanker yang mematikan tersebut.
  3. Penurun Berat Badan. Jambu biji nyatanya juga terbukti efektif dalam program  penurunan berat badan anda. Ini dikarenakan, selain bersifat mengenyangkan perut lebih lama, jambu biji juga memasok kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sera rendah kolesterol dan rendah karbohidrat. Inilah yang membuat jambu biji menjadi salah satu program diet anda yang sempurna.
  4. Penghindar Diabetes. Ternyata jambu biji dapat membantu mencegah munculnya penyakit diabetes tipe 2. Selain itu, jambu biji juga sangat baik bagi penderita diabetes. Ini dikarenakan, sumber serat dalam jambu biji dapat membantu mengatur atau mengontrol penyerapan gula didalam tubuh anda.
  5. Penangkal Hipertensi. Fungsi lain yang tak kalah penting dari jambu biji yaitu mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan sumber serat dalam jambu biji berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan sirkulasi darah di pembuluh darah yang mana pada akhirnya dapat mencegah hipertensi.
  6. Cerdaskan Otak. Jambu biji mengandung vitamin B3 (niasin) serta B6. Kedua vitamin tersebut berperan dalam hal meningkatkan sirkulasi darah keseluruh organ termasuk otak. Oleh karena itulah, jambu biji dapat menjadi salah satu buah alternatif yang dapat meningkatkan kesehatan otak dan membuat seseorang lebih berkonsentrasi.
  7. Solusi Sembelit. Susah buang air besar atau sembelit menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani secara lebih cepat. Sumber serat dalam jambu biji dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan sistem ekskresi. Dalam hal ini dapat memudahkan proses buang air besar dan menjauhkan anda dari sembelit.

Related Posts:

7 Langkah Nyata Membiasakan Diri Hidup Sehat Setiap Hari

Tips kesehatan

7 Langkah Nyata Membiasakan Diri Hidup Sehat Setiap Hari / Tindakah Sehat merupakan langkah awal dan nyata untuk memperoleh kesehatan tubuh yang kita inginkan. Sudah tak terhitung lagi berbagai saran dan tips kesehatan yang sudah kita dengar dan baca dari berbagai berbagai sumber. Meskipun begitu, tidak sedikit dari kita yang menganggapnya angin lalu atau tak memperdulikannya. Sebenarnya yang kita butuhkan ialah sebuah tindakan nyata untuk memulainya. Lalu, apa saja langkah nyata untuk membiasakan diri hidup sehat tersebut.

Sahabat, tips kesehatan. Kesehatan tubuh menjadi sebuah hal yang teramat penting untuk menjalankan aktivitas, pekerjaan maupun beribadah kepada Tuhan alloh agar lebih sempurna setiap hari. Maka dari itulah, kita sangat dianjurkan untuk bergaya hidup sehat setiap waktu. Tak cukup dengan tahu caranya hidup sehat, kita harus mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini 7 langkah nyata membiasakan diri untuk hidup sehat setiap hari : 
  • Berdiri Lebih Lama. Faktanya, terlalu banyak aktivitas yang kita lakukan dengan hanya duduk dan jarang sekali berdiri. Padahal terlalu lama duduk dapat membahayakan kesehatan tubuh anda. Untuk itulah, kurangi waktu duduk dengan melakukan aktivitas dengan berdiri.
  • Persiapkan Peralatan Olahraga. Berolahraga menjadi salah satu hal tersulit yang dilakukan oleh manusia modern sekarang ini. Mulailah untuk mempersiapkan semua peralatan olahraga (seperti sepatu, pakaian dan celana olahraga) pada malam harinya. Agar dapat digunakan untuk berolahraga di pagi harinya.
  • Rapikan Tempat Tidur. Istirahat atau tidur malam menjadi hal terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh. Buatlah kondisi tempat tidur lebih rapi dan nyaman dengan selalu membiasakan diri membersihkan dan merapikannya sebelum merebahkan tubuh anda.
  • Pergi Ke Pasar. Faktanya, kita dapat menemukan dan membeli berbagai sayuran hijau dan buah-buahan yang terjangkau sesuai dengan pendapatan kita setiap bulan. Karena salah satu kunci hidup sehat yaitu rutin mengkonsumsi aneka sayuran hijau serta buah-buahan yang mengandung sumber gizi bagi tubuh.
  • Tebar Senyuman. Selain dapat meningkatkan kesehatan tubuh, tersenyum merupakan salah satu ibadah dan efektif meningkatkan mood atau suasana hati di manapun anda berada. Jadi, sudahkah anda tersenyum hari ini...???.
  • Lakukan Bersih-Bersih. Jadikan waktu libur kerja menjadi ajang kerja bakti membersihkan rumah bagi seluruh anggota keluarga. Karena lingkungan atau rumah yang bersih dapat menjadikan penghuninya semakin sehat dan nyaman.
  • Persering Aktivitas Fisik. Ubah semua kebiasaan buruk di hari ini seperti duduk terlalu lama, begadang, maupun gaya hidup tidak sehat lainnya. Dalam hal ini, perbanyak langkah kaki, bersepeda di sore hari maupun bergabung dengan komunitas yang dapat mengolahragakan tubuh anda.

Related Posts: